PBO ( Pemrograman
Berorientasi Objek) atau bahasa kerennya OOP merupakan suatu teknik pemrograman
yang memisalkan segala sesuatu dalam kehidupan nyata..
Konsep dasar Pemrograman Berorientasi Objek adalah pada class dan
objek. Class adalah rancangan dari sebuah objek yang ditulis sekali dan
dapat digunakan berulang - ulang. Contohnya adalah class bank, nasabah dll,
sehingga tidak salah jika kita mengartikan class adalah sebagai prototype atau
blue prints yang mendefinisikan variabel atau method secara umum. Sedangkan
objek adalah realisasi dari class itu sendiri atau hasil instantiasi dari suatu
class. Objek dapat disebut juga "instances".
Pada PBO terdapat attribute
dan method. Attribute adalah berbagai variabel yang mengitari class, dengan
nilai datanya dapat ditentukan di objek. Semisal pada class "Orang"
memiliki attribute nama, usia, berat badan dan lain sebagainya. Sedangkan method adalah implementasi dari
bagaimana bekerjanya sebuah class.
PBO
juga tidak jauh berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya, pada PBO terdapat :
- Tipe data {promitif : int, short, float, double, string, char, dll ; komposit : array, ADT}
- Type casting {mengubah suatu tipe data ke tipe data lain}
- Scope {variabel yang bisa dipanggil dimana saja}
- Hak Akses {attribut dan method tidak semuanya dapat di panggil semua program}
- Constructor {fungsi yang pertama kali dipanggil saat program dijalankan. constructor tidak mempunyai tipe kembalian}
- Destructor {fungsi yang secara otomatis dijalankan saat objek selesai}
0 komentar:
Posting Komentar